PESHUM
Vol. 4 No. 4: Juni 2025

Pengaruh Online Customer Review Terhadap Purchase Intention Melalui Trust Pada Produk Skincare Di Platform Tiktok

Khodijah, Siti (Unknown)
Puruwita, Dita (Unknown)
Fidhyallah, Nadya Fadillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh online customer review terhadap purchase intention melalui trust pada produk skincare di platform TikTok. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi penelitian adalah pengguna skincare berusia 18–24 tahun di wilayah Daerah Khusus Jakarta (DKJ) yang memiliki minat beli terhadap produk skincare di TikTok. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability purposive sampling dengan total 120 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup menggunakan skala Likert. Analisis data dilakukan dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan software SmartPLS versi 4, dengan indikator analisis R-Square dan Effect Size (f²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, serta berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust. Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Selain itu, trust terbukti memediasi pengaruh online customer review terhadap purchase intention. Dengan demikian, kepercayaan menjadi variabel penting dalam memperkuat pengaruh ulasan pelanggan online terhadap niat beli konsumen di platform TikTok.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...