Penelitian ini bertujuan untuk merancang serta menerapkan media edukasi interaktif bernama Smart Box yang berfokus pada simbol Garuda Pancasila untuk siswa kelas IV di Sekolah Dasar. Smart Box dibuat menggunakan bahan sederhana seperti kardus yang diintegrasikan dengan elemen visual, kantong perilaku, kartu aktivitas, papan permainan, dan alat interaktif yang berbentuk dapat ditempel dan ditarik garisnya. Proses pengembangan yang diterapkan adalah model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi), yang mencakup analisis kebutuhan siswa dan guru, desain media, pembuatan Smart Box, pengujian di lingkungan kelas, dan penilaian efektivitas. Hasil dari implementasi menunjukkan bahwa media ini dapat meningkatkan ketertarikan belajar siswa, mempermudah pemahaman tentang simbol dan arti dari setiap sila Pancasila, serta mendorong partisipasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran. Aktivitas interaktif seperti mencocokkan simbol dengan sila, memilih perilaku yang sesuai dengan sila, serta menghubungkan konsep keragaman berhasil menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan bermakna. Evaluasi yang dilakukan melalui pengamatan dan tes menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam prestasi belajar siswa setelah penerapan media tersebut.
Copyrights © 2025