Keterampilan berbicara di depan umum merupakan aspek penting dalam dunia pendidikan dan kehidupan sosial. Namun, banyak siswa sekolah dasar masih mengalami kesulitan dalam menyampaikan pidato secara sistematis dan percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelatihan berpidato menggunakan metode naskah bagi siswa kelas VI di SDN 4 Way Lima. Metode penelitian yang digunakan melibatkan observasi, penyusunan materi, serta pelaksanaan pelatihan yang mencakup latihan membaca dan menyampaikan pidato dengan intonasi dan ekspresi yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan siswa dalam menyusun naskah, menyampaikan pidato dengan intonasi yang lebih baik, serta meningkatkan kepercayaan diri mereka. Meskipun beberapa tantangan masih dihadapi, seperti ketergantungan pada naskah dan rasa gugup saat berbicara di depan umum, latihan yang berkelanjutan terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dengan demikian, metode naskah dapat dijadikan sebagai strategi pembelajaran berkelanjutan untuk mengembangkan keterampilan komunikasi siswa sejak dini.
Copyrights © 2025