Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling
Vol. 5, No. 2: November 2018

Tingkat Regulasi Diri Siswa di Sekolah Kelas X Mekatronika SMKN Sumatera Selatan

Purwanda, Yogi (Unknown)
Sofah, Rahmi (Unknown)
Putri, Rani Mega (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat regulasi diri siswa di sekolah kelas X Mekatronika SMKN Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian 36 siswa dan sampel atau responden penelitian yaitu 36 siswa dengan menggunakan sampling jenuh.Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dengan 40 item pernyataan. Teknik analisis data menggunakan hitungan persentase. Aspek yang diukur dari regulasi diri siswa di sekolah, meliputi 3 aspek yaitu, pikiran, motivasi, dan prilaku. Hasil analisis data menunjukan bahwa tingkat regulasi diri siswa disekolah kelas X Mekatronika SMKN Sumatera Selatan, 25% dalam katagori sangat tinggi (ST), 61% dalam katagori tinggi (T). 8% dalam kategori sedang (S). Dan 6% dalam kategori rendah (R).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JKK

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Lingkup Jurnal Konseling komprehensif ialah bimbingan dan konseling, Bimbingan Konseling Islam, Konseling Keluarga, Konseling Karir, Bimbingan konseling Anak Usia Dini, Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Psikologi Pendidikan, Konseling Anak Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan ...