Kebutuhan sumber pembelajaran yang inovatif, mudah diakses, dan mampu meningkatkan motivasi serta kemandirian belajar siswa. Tulisan ini untuk bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar digitalisasi berbasis website interaktif menggunakan platform Google sites sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa kelas V SD pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP) yang berisikan materi berbentuk flipbook, quizziz, dan lain-lain. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Instrumen penelitian meliputi angket respon calon guru PAI UIN Palangka Raya. Validasi dilakukan oleh 8 responden calon guru PAI UIN Palangka Raya yang menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan berada dalam kategori sangat layak, baik dari aspek materi maupun tampilan media. Uji produk di seminarkan kepada para calon guru PAI UIN Palangka Raya untuk memperoleh masukan dan evaluasi guna penyempurnaan media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil uji produk yang diseminarkan berupa website interaktif berbasis Google sites ini dinilai efektif dan dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran PAI-BP yang mendukung pembelajaran mandiri siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menghasilkan bahwa sumber belajar yang efektif untuk kemandirian siswa.
Copyrights © 2025