Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media unplugged coding dalam meningkatkan kemampuan numerasi dan berpikir kritis anak usia 5–6 tahun. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental nonequivalent control group, melibatkan 40 anak dari TK Islam Al-Azhar Surabaya yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen mendapatkan perlakuan pembelajaran menggunakan media unplugged coding, sedangkan kelompok kontrol tidak. Instrumen berupa lembar observasi dan Lembar Kerja Anak digunakan untuk menilai perkembangan computational thinking dan problem solving. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen, baik dalam kemampuan berpikir komputasional (dari rata-rata 32,15 menjadi 43,20) maupun kemampuan menyelesaikan masalah (dari 29,50 menjadi 40,10). Analisis uji-t bahwa media unplugged coding efektif dalam menstimulasi keterampilan kognitif anak. Pembelajaran berbasis permainan non-digital terbukti memberi pengalaman eksploratif yang kontekstual dan menyenangkan sesuai tahap perkembangan anak. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan inovatif seperti unplugged coding dapat menjadi strategi pembelajaran efektif dalam pendidikan anak usia dini untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025