PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9, No 1 (2025): EDISI APRIL 2025

ANALISIS LEVEL KEMAMPUAN METAKOGNISI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI RASA INGIN TAHU

Ramadhan, Farid (Unknown)
Rustina, Ratna (Unknown)
Mulyani, Eva (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan level kemampuan metakognisi matematis siswa berdasarkan rasa ingin tahu. Penelitian dilakukan dengan memberikan angket rasa ingin tahu dan soal tes kemampuan metakognisi matematis yang telah divalidasi. Instrumen diberikan kepada 25 siswa kelas IX di SMP Negeri 16 Tasikmalaya. Angket rasa ingin tahu diberikan untuk membagi siswa kedalam tingkat rasa ingin tahu tinggi, sedang, dan rendah. Soal tes kemampuan metakognisi diberikan untuk melihat level kemampuan metakognisi siswa. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah: (1) Subjek dengan rasa ingin tahu tinggi berada pada level reflective use dan strategis use; (2) Subjek dengan rasa ingin tahu sedang berada pada level reflective use, strategic use, aware use, dan tracit use; dan (3) Subjek dengan rasa ingin tahu rendah berada pada level aware use dan tracit use.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...