Jurnal Basataka (JBT)
Vol. 8 No. 1 (2025): Juni 2025

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PEMAHAMAN MATERI TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU

Lestari, Delpi (Unknown)
Faizah, Hasnah (Unknown)
Permatasari , Silvia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap pemahaman materi teks biografi siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Model TGT menggabungkan unsur kerja sama kelompok dan kompetisi akademik yang menyenangkan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen menggunakan model TGT, dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda dengan indikator C4 dan C5. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar kedua kelompok (Asymp. Sig. < 0,001), sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi teks biografi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

BASATAKA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Fokus dan cakupan Jurnal BASATAKA adalah penelitian dalam bidang Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia. The focus and scope of BASATAKA Journal is research in the fields of Education, Language, and Indonesian ...