Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 9 No 1 (2025): Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SD NEGERI 1 MUDAL TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Fiska Arifiana Salma (Unknown)
Jumini, Sri (Unknown)
Linnaja, Ngatoillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest posttest. lokasi penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Mudal. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas IV dengan jumlah siswa 30. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda berjumlah 10 yang diujikan menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji kesukaran, uji daya beda. Hasil nilai pretest posttest berdistribusi normal dan homogen. Hasil analisis uji t test pada penelitian diperoleh thitung 9,031532 > ttabel 2,04523maka Ho ditolak dan Ha diterima. Perhitungan psikomotorik siswa didapat dengan hasil 17-20 dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan peenelitian terdapat pengaruh pembelajaran IPA terhadap psikomotorik siswa setelah metode demonstrasi dilaksanakan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edumedia: Jurnal keguruan dan Ilmu Pendidikan, merupakan jurnal ilmiah yang berada di bawah naungan FKIP Universitas Kapuas Sintang. Jurnal Edumedia secara berkala menerbitkan artikel ilmiah dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Artikel yang diterbitkan merupakan hasil penelitian atau kajian ...