Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest posttest. lokasi penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Mudal. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas IV dengan jumlah siswa 30. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda berjumlah 10 yang diujikan menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji kesukaran, uji daya beda. Hasil nilai pretest posttest berdistribusi normal dan homogen. Hasil analisis uji t test pada penelitian diperoleh thitung 9,031532 > ttabel 2,04523maka Ho ditolak dan Ha diterima. Perhitungan psikomotorik siswa didapat dengan hasil 17-20 dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan peenelitian terdapat pengaruh pembelajaran IPA terhadap psikomotorik siswa setelah metode demonstrasi dilaksanakan.
Copyrights © 2025