Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh parent attachment terhadap self-esteem siswa SMA Negeri 9 Purworejo. Rendahnya self-esteem sering kali dipengaruhi oleh kondisi keluarga, seperti perpisahan orang tua, atau kurangnya perhatian emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 216 siswa yang ditentukan melalui teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner Inventory of Parent and Peer Attachment (IPPA) dan Coopersmith Self-Esteem Inventory (CSEI), yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan perangkat lunak SPSS 26.0. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara parent attachment dan self-esteem dengan nilai signifikansi 0,000. Semakin kuat hubungan emosional antara orang tua dan anak, semakin tinggi tingkat harga diri siswa. Simpulan penelitian menegaskan pentingnya hubungan emosional yang hangat antara orang tua dan anak dalam meningkatkan kesejahteraan emosional, sosial, dan akademik siswa. Implikasi hasil ini dapat digunakan sebagai dasar bagi sekolah dan orang tua untuk merancang program intervensi yang mendukung perkembangan positif siswa. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperdalam kajian dengan pendekatan kualitatif untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif.
Copyrights © 2025