Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 5 No. 2 (2025): May-August 2025

Efektivitas Metode Drill Dalam Meningkatkan Keterampilan Kesenian Tari Tradisional Minangkabau Pada Siswa Disabilitas Intelektual Ringan

Luthvia, Fitrah (Unknown)
Budi, Setia (Unknown)
Kusumastuti, Grahita (Unknown)
Handayani, Endang Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh problematika yang didapati di SLB Negeri 1 Ampek Angkek, yaitu seorang siswa disabilitas intelektual yang pencapaian kemampuan belum optimal dalam mengembangkan keterampilan kesenian tarinya.  Penenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode drill dalam mengoptimalkan keterampilan kesenian tari tradisional pada siswa disabilitas intelektual ringan.Studi ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan penelitian subjek tunggal (Single Subject Research) yang menerapkan desain A-B-A. Analisis data dilakukan dengan pendekatan visual yang disajikan melalui grafik, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi yang disertai berbasis praktik. Penelitian ini melibatkan seorang siswa kelas V di SLB Negeri 1 Ampek Angkek yang memiliki disabilitas intelektual ringan sebagai subjek. Data diperoleh dari analisis sebanyak 14 kali pertemuan yang terbagi ke dalam tiga fase, yaitu baseline awal (A1), intervensi (B), dan baseline akhir (A2). Hasil penelitian pada fase baseline awal (A1), data menunjukkan konsistensi dengan persentase kemampuan 33,33% pada 3 kali sesi pengamatan. Selanjutnya, selama fase intervensi terjadi peningkatan kemampuan bertahap yang ditunjukkan melalui persentase 40%, 44,44%, 48,88%, 60%, 64,44%,  77,77%, 77,77%, dan 77,77%. Setelah intervensi dihentikan, fase baseline kedua (A2) tetap menunjukan hasil yang tinggi dan stabil dengan persentase sebesar 86,66% pada 3 kali pengamatan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill memberikan kontribusi terhadap peningkatan kemampuan siswa dengan disabilitas intelektual dalam seni tari piring. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa metode drill dapat diterapkan sebagai pendekatan pembelajaran di Sekolah Luar Biasa, karena pengulangan terstruktur yang diterapkan mampu meningkatkan konsistensi gerak pada siswa berkebutuhan khusus.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...