Program ini bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan kemampuan literasi membaca siswa di SD Negeri Ngreco 05 melalui program kelas membaca yang dilaksanakan oleh Kampus Mengajar. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan analisis alir, yang meliputi tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas 4 dan observasi langsung, ditemukan bahwa kemampuan literasi siswa di SD Negeri Ngreco 05 di tingkatkan lagi, meskipun telah menunjukkan peningkatan. Program kelas membaca ini dilaksanakan setiap hari rabu sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, dengan fokus pada siswa yang mengalami kesulitan membaca. Program ini dirancang untuk membangun kebiasaan membaca secara konsisten dan terarah, menggunakan bahan bacaan yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kelas membaca memberikan dampak positif, khususnya bagi siswa yang sebelumnya mengalami kesulitan membaca, meskipun mereka belum mencapai tingkat kefasihan yang setara dengan teman-temannya. Program ini juga berkontribusi dalam membangun budaya literasi di sekolah dengan dukungan dari guru dan orang tua. Namun Program ini masih menghadapi kendala seperti keterbatasan waktu pelaksanaan serta tingkat motivasi siswa yang bervariasi dengan demikian, dalam kelas membaca ini program kelas membaca menjadi langkah strategis untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa sekaligus mendukung pembelajaran secara keseluruhan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025