LEBAH
Vol. 18 No. 3 (2025): May: Pengabdian

Sosialisasi strategi adaptasi UMKM ayam penyet medan hadapi dampak inflasi

Gustina, Ihdina (Unknown)
Lazuardi, Dedy (Unknown)
Rinaldi, Muammar (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2025

Abstract

Inflasi yang terus meningkat berdampak signifikan terhadap daya beli konsumen dan kelangsungan usaha UMKM, termasuk usaha ayam penyet di Jalan Pancing, Medan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menganalisis dampak inflasi terhadap UMKM ayam penyet serta memberikan strategi adaptasi bisnis yang efektif. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap 15 pelaku UMKM ayam penyet di wilayah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kenaikan harga bahan baku dan penurunan daya beli konsumen menjadi tantangan utama. Melalui sosialisasi, pelaku UMKM diberikan pelatihan manajemen keuangan sederhana, strategi penyesuaian harga, diversifikasi menu, serta pemanfaatan pemasaran digital. Rekomendasi kebijakan juga disusun untuk mendorong dukungan pemerintah dalam bentuk bantuan modal atau pelatihan berkelanjutan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan ketahanan usaha UMKM ayam penyet dalam menghadapi tantangan ekonomi

Copyrights © 2025