Abstract. Media sosial telah membawa perubahan signifikan tidak hanya dalam pola komunikasi, tetapi juga dalam cara generasi muda mengakses, memahami, dan merespons informasi, termasuk dalam ranah pendidikan dan pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membina moral serta karakter Generasi Z di SMAN 6 Palangka Raya, khususnya di tengah tantangan era digital dan maraknya penggunaan platform seperti TikTok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, serta melibatkan teknik Focus Group Discussion (FGD) untuk menggali pandangan siswa mengenai dampak TikTok terhadap moralitas mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI menjalankan tiga peran sentral, yaitu sebagai pendidik nilai moral (moral educator), teladan (role model) dalam bersikap dan berperilaku, serta fasilitator dalam literasi digital dan moral. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pendidik dan pembuat kebijakan dalam merancang strategi pendidikan moral yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan Generasi Z.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025