Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model Project-Based Learning (PjBL) dengan bantuan simulasi PhET untuk meningkatkan kreativitas ilmiah siswa SMA. Kreativitas ilmiah merupakan keterampilan penting dalam pembelajaran abad ke-21, terutama dalam memahami konsep fisika yang kompleks. Namun, pembelajaran konvensional yang masih berpusat pada guru menyebabkan rendahnya kreativitas ilmiah siswa. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangkan LKPD berbasis proyek yang mengintegrasikan simulasi interaktif PhET untuk mendorong keterlibatan aktif siswa dalam eksplorasi konsep energi terbarukan. Metode Penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), LKPD yang dikembangkan dinilai oleh tiga validator unruk yang mengukur aspek format, isi, komponen, dan bahasa menggunakan skala Likert. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki tingkat validitas sangat tinggi dengan persentase 94%, dikategorikan sebagai "Sangat Valid." Elemen-elemen dalam LKPD, seperti rancangan proyek, fenomena sains, serta evaluasi yang terstruktur, memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep fisika. Integrasi simulasi PhET memungkinkan siswa melakukan eksperimen virtual, meningkatkan daya analisis, serta melatih keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Selain itu, penggunaan simulasi ini juga membantu siswa menghubungkan konsep fisika dengan fenomena nyata, memperkuat pemahaman mereka terhadap prinsip-prinsip ilmiah. limitasi penelitian belum menguji efektivitasnya dalam meningkatkan kreativitas ilmiah siswa secara langsung di kelas. Oleh karena itu, penelitian lanjutan diperlukan untuk mengukur dampak penggunaan LKPD terhadap keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah siswa dalam konteks pembelajaran nyata.
Copyrights © 2025