Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi teks Laporan Hasil Observasi (LHO) dengan pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan diorama. Penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII J SMPN 22 Surabaya sebanyak 32 orang. Data penelitian berupa rata-rata nilai motivasi dan hasil belajar. Pengambilan data menggunakan instrumen angket dan tes awal pembelajaran. Kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menghasilkan simpulan bahwa pembelajaran PBL berbantuan diorama berpengaruh terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Pada siklus I motivasi siswa meningkat dari 65% menjadi 87% pada siklus II. Selain itu dari hasil belajar siswa siklus II siswa kelas VIII J mencapai ketuntasan belajar lebih dari 85% dengan ketuntasan klasikal 87%. Temuan ini menunjukkan bahwa model PBL berbantuan media diorama efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, baik ditinjau dari motivasi maupun hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025