Journal of Psychology Students
Vol. 4 No. 1 (2025): JoPS: Journal of Psychology Students

Pengaruh Stres Akademik dan Regulasi Diri terhadap Adiksi Binge-Watching pada Mahasiswa

Meinaki, Aldi (Unknown)
Gamayanti, Witrin (Unknown)
Tahrir (Unknown)
Gunawan, Suci Marlianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Saat ini, penyedia layanan video on-demand membuat penggunanya semakin mudah mengakses berbagai tayangan. Hal ini, mendorong perilaku binge-watching yang berlebihan hingga berisiko menyebabkan kecanduan. Binge-watching merupakan perilaku menonton beberapa episode acara TV dalam sekali duduk. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh stres akademik dan regulasi diri secara simultan terhadap adiksi binge-watching di kalangan mahasiswa. Rancangan penelitian kuantitatif dengan desain kausalitas yang digunakan dalam penelitian ini. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 344 mahasiswa pengguna layanan video-on-demand (VOD). Pengambilan data menggunakan alat ukur skala psikologi, seperti Binge-Watching Addiction Questionnaire, Perceptions of Academic Stress Scale, dan Self-Regulation Questionnaire. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa stres akademik dan regulasi diri secara simultan berkontribusi secara signifikan terhadap adiksi binge-watching pada mahasiswa, dengan kontribusi sebesar 13.5%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jops

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Journal of Psychology Students is an open access and peer-reviewed journal for psychology students. JoPS currently managed by highly motivated students of the Faculty of Psychology UIN Sunan Gunung Djati Bandung. JoPS is published twice a year on May and November. This journal welcomes any research ...