Artikel ini membahas penerapan Understanding by Design (UbD) dengan pendekatan Backward Design sebagai strategi efektif dalam merancang pembelajaran yang lebih berorientasi pada hasil yang mendalam. Melalui kajian pustaka dan analisis studi kasus, penelitian ini mengungkap bahwa penerapan UbD, khususnya dengan metode Backward Design, memberikan dampak positif yang signifikan terhadap proses pembelajaran. Pendekatan ini menciptakan pembelajaran yang lebih sistematis, berfokus pada pemahaman yang mendalam, dan mendorong partisipasi aktif siswa. Selain itu, UbD meningkatkan keterampilan berpikir kritis, minat belajar, dan keterlibatan siswa. Integrasi Teaching at the Right Level (TaRL) dengan UbD semakin meningkatkan efektivitas pendekatan ini, khususnya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa UbD dengan Backward Design memberikan dampak positif yang signifikan terhadap sistem pendidikan dan perlu terus dikembangkan dan diterapkan secara lebih luas untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Copyrights © 2024