Jurnal Pendidikan Sosial Indonesia
Vol. 3 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Sosial Indonesia

Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu

Agnes Nusi (Unknown)
Radia Hafid (Unknown)
Bahsoan, Agil (Unknown)
Mahmud, Melizubaida (Unknown)
Toralawe, Yulianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di SMP Negeri 3 Kota Gorontalo. Fasilitas belajar, seperti ruang kelas yang kondusif, buku pelajaran, media pembelajaran, dan teknologi, dianggap berperan penting dalam meningkatkan semangat belajar. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa, dengan nilai r-hitung 0,601 > r-tabel 0,570 dan t-hitung 2,557 > t-tabel 1,692. Temuan ini menegaskan bahwa semakin baik fasilitas belajar yang tersedia, semakin tinggi pula motivasi belajar siswa dalam mengikuti pelajaran IPS. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya penyediaan fasilitas belajar yang memadai untuk menunjang efektivitas proses pembelajaran

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jupsi

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Sosial Indonesia (JUPSI) adalah publikasi akademik yang berfokus pada pengembangan ilmu dan praktik pendidikan di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial. Cakupan jurnal ini mencakup pendidikan IPS, pendidikan ekonomi, pendidikan sosiologi, pendidikan sejarah, serta pendidikan PPKn, dengan ...