Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 11 No. 2 (2025)

Studi Komparasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an Antara Menggunakan Metode Ummi di SDSI Al Farabi dan Metode Qiroati di MI Al Washliyah

Rosinah (Unknown)
Septi Gumiandri (Unknown)
Wawan Ahmad Ridwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dengan menggunakan metode Ummi di SDSI Al Farabi. Untuk mengetahui seberapa tinggi kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dengan menggunakan metode Qiroati di MI Al Washliyah. Untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dengan menggunakan metode Ummi dan Siswa yang menggunakan metode Qiroati. Dalam menguji validitas data, peneliti menggunakan metode pendekatan kuantitatif komparasi dengan menggunakan uji independen t-test melalui rumus uji mann whitney, dengan menggabungkan dua jenis yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan kajian literatur. Dalam pengujian hipotesis komparasi kemampuan membaca al qur’an antara menggunakan metode ummi di SDSI Al Farabi dan metode qiroati di MI Al Washliyah Perbutulan menggunakan uji t-test adalah dengan ketentuan membandingkan ttabel dan thitung dengan ketentuan jika thitung > ttabel maka Ha diterima, jika thitung < ttabel maka Ha ditolak, Hasil uji t-tes di tabel 4.10 menyatakan bahwa nilai ttabel dan thitung sebesar 0,939 > 0,3378 maka Ha diterima. Dari hasil perbandingan t tabel (0,939) dan t hitung (0,3378), kita lihat bahwa nilai t hitung lebih kecil dari t tabel. Nah, ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua variabel tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...