Journal Education For All: Media Informasi Ilmiah Bidang Pendidikan Luar Sekolah
Vol 13 No 1 (2024): June-Journal Education For All

PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AMIR HAMZAH MEDAN

Harianti, Nurul Putri (Unknown)
Marbun, Sariana (Unknown)
Situmorang, Santa Murni Asih (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh permainan tradisional engklek terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Amir Hamzah Medan tahun ajaran 2023/2024. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen bentuk The Equivalent Time Sample Design. Sampel berjumlah 11 anak yang dipilih menggunakan teknik saturation sampling. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi yang memuat deskriptor perkembangan motorik kasar dan dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam capaian motorik kasar anak setelah diberi perlakuan. Pada observasi awal, mayoritas anak berada dalam kategori "mulai berkembang" (MB). Setelah serangkaian perlakuan, jumlah anak dalam kategori "berkembang sangat baik" (BSB) meningkat hingga 100% pada perlakuan terakhir. Permainan engklek terbukti efektif melatih kekuatan, keseimbangan, dan kelincahan anak, sebagaimana didukung teori perkembangan motorik kasar menurut Vygotsky dan Piaget, serta penelitian sebelumnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa permainan tradisional engklek secara signifikan meningkatkan motorik kasar anak usia dini. Selain mendukung aspek fisik, permainan ini juga memperkaya pengalaman belajar anak dengan cara yang menyenangkan. Temuan ini merekomendasikan pengintegrasian permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini untuk mendukung perkembangan holistik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jefa

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

ournal Education For All encompasses research articles, original research report, reviews, and scientific commentaries in community education, including Education for Human Resources Development, Adult Education, Community Empowerment, Social Entrepreanurship, and Family Education by means of ...