cover
Contact Name
Mahfuzi Irwan
Contact Email
mahfuziirwan@gmail.com
Phone
+6281315782453
Journal Mail Official
jurnalpenmas@unimed.ac.id
Editorial Address
Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate, Fakultas Ilmu Pendidikan Ged.72 Lt.2, Universitas Negeri Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Journal Education For All: Media Informasi Ilmiah Bidang Pendidikan Luar Sekolah
ISSN : 23031743     EISSN : 30261406     DOI : https://doi.org/10.24114/jefa
Core Subject : Education, Social,
ournal Education For All encompasses research articles, original research report, reviews, and scientific commentaries in community education, including Education for Human Resources Development, Adult Education, Community Empowerment, Social Entrepreanurship, and Family Education by means of nonformal and informal education.
Articles 60 Documents
ANALISIS KETERAMPILAN MOTORIK KASAR PADA SENAM IRAMA DI TK Mutiara Manik; Damaiwaty Ray; Wan Nova Listia; Jasper Simanjuntak
Journal Education for All : Media Informasi Ilmiah Bidang Pendidikan Luar Sekolah Vol 9, No 2 (2020): December
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jefa.v9i2.44445

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah anak masih mengalami kesulitan dalam melakukan keterampilan motorik kasar seperti berlari, menaiki tangga, kemudian anak belum mampu melakukan gerakan koordinasi kaki-tangan yaitu melempar, dan menendang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan motorik kasar pada senam irama di kelompok b TK Bunda Lely T.A.2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan sampel 5 orang anak. Adapun data tentang keterampilan motorik kasar diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik kasar pada senam irama di kelompok B TK Bunda Lely memperoleh rata-rata sebanyak 3,38 dengan kategori baik. Keterampilan motorik kasar pada senam irama responden A memiliki capaian nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,25 dengan kategori baik. Keterampilan motorik kasar pada senam irama responden B memiliki capaian nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,33 dengan kategori baik. Keterampilan motorik kasar pada senam irama responden C memiliki capaian nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,4 dengan kategori baik. Keterampilan motorik kasar pada senam irama responden D memiliki capaian nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,53 dengan kategori baik. Keterampilan motorik kasar pada senam irama responden E memiliki capaian nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,53 dengan kategori baik.
UPAYA PEMBERANTASAN BUTA AKSARA MELALUI PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL OLEH PENGELOLA PKBM PRESTASI GEMILANG LUBUK PAKAM Desi Rika Lestari; Nurlaila Nurlaila
Journal Education for All : Media Informasi Ilmiah Bidang Pendidikan Luar Sekolah Vol 9, No 1 (2020): June
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jefa.v9i1.44424

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah 1) Kurangnya minat masyarakat dalam pendidikan, 2) Terisolasinya kediaman penduduk sehingga sulit memperoleh akses pendidikan keaksaraan, 3) Media pembelajaran juga menjadi kendala sehingga mereka mengalami kesulitan dalam menerima dan mengingat materi yang telah diberikan, 4) Kurangnya tenaga pengajar keaksaraan sehingga menjadi salah satu kendala dalam proses kegiatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan upaya pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam memberantas buta aksara oleh PKBM Prestasi Gemilang di Lubuk Pakam. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sample dalam penelitian ini berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dalam menguji keabsahan data digunakan dengan cara triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya pengelola dalam memberantas buta aksara melalui Program Keaksaraan Fungsional yaitu melalui program keaksaraan usaha mandiri dengan tahapan, (1) Dengan melakukan sosialisasi, (2) Dengan melakukan rekruitmen/pendataan calon warga belajar keaksaraan, (3) Pelaksanaan dan pembinaan untuk warga belajar keaksaraan, dan (4) Pemberian sertifikat bagi warga belajar yang telah selesai mengikuti Program Keaksaraan Fungsional.
KURIKULUM ANAK JALANAN SEBAGAI BEKAL PENDIDIKAN ALTERNATIF Mahfuzi Irwan; Adinda Yulfina
Journal Education for All : Media Informasi Ilmiah Bidang Pendidikan Luar Sekolah Vol 11, No 2 (2022): December
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jefa.v11i2.51705

Abstract

Alternative education is an alternative option for people who have limited access to education, and the implementation of alternative education has a significant contribution to achieving national education goals. Alternative education in Indonesia has various forms such as reading parks, children's centers, halfway houses, natural schools and homeschooling. Alternative education is closely related to non-formal education because non-formal education is an effort to provide education to people who are unable to get an education. One of the targets of alternative education is street children. The curriculum and learning for street children provided must be in accordance with the interests and needs of street children so that it can be an educational provision that will later lead to the independence of street children in their lives. The purpose of this study is to describe and analyze the training and course curriculum as an alternative education for street children and to find out the appropriate curriculum for street children through alternative education. The method used in data collection is a literature review and literature study from various sources.
ETIKA BERBISNIS DALAM KEWIRAUSAHAAN PENDIDIKAN MASYARAKAT Hertina Agustina; Ilham Fauzi; Ira Pradita Yasmin
Journal Education for All : Media Informasi Ilmiah Bidang Pendidikan Luar Sekolah Vol 7, No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jefa.v7i1.51520

Abstract

Business is carried out by humans with humans which means good norms or values carry over in business life. In practice, a businessman prefers to use / relate to good quality companies in all aspects. Business ethics is broader than the provisions governed by law which aims to provide moral awareness and provide good behavior. To form a society that has a good entrepreneurial spirit, an entrepreneurial education process is needed in the community. Community Education is one of the best alternatives in carrying out the process of introduction to the supervision of entrepreneurship by the community. Entrepreneurship training for unemployed people in urban areas will give birth to new entrepreneurial candidates who are expected to be able to create their own jobs so as to reduce the number of unemployed
KONTRIBUSI KEGIATAN KARANG TARUNA DALAM RANGKA MENGANTISIPASI TERJADINYA KENAKALAN REMAJA DI DESA GAJAH KECAMATAN SIMPANG EMPAT KABUPATEN KARO Anisa Antasari Br Ginting; Anifah Anifah
Journal Education for All : Media Informasi Ilmiah Bidang Pendidikan Luar Sekolah Vol 9, No 2 (2020): December
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jefa.v9i2.44452

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui Kegiatan karang taruna Desa Gajah dalam mengantisipasi terjadinya kenakalan remaja di Desa Gajah Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi sebanyak 110 anggota karang taruna. Sampel dalam penelitian ini diambil 30% dari anggota karang taruna yaitu sebanyak 33 anggota karang taruna Desa Gajah Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisi data menggunakan rumus P=????????X100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator dalam bidang kesekretariatan rata-rata 17,5 hal ini berarti remaja/anggota karang taruna melakukan kegiatan bidang kesekretariatan sebanyak 53,1% dikatagorikan cukup baik. Indikator pengabdian kepada masyarakat rata-rata 19,2 hal ini bearti remaja/anggota karang taruna melakukan kegiatan pengabdian masyarakat sebanyak 58,2% dikatagorikan cukup baik. Indikator dalam bidang pendidikan dan pelatihanrata-rata 20, hal ini berarti remaja/anggota karang taruna melakukan kegiatan pendidikan dan pelatihan sebanyak 60,6% dikatagorikan cukup baik. Indikator bidang pemuda/olahraga rata-rata 22,1, hal ini berarti remaja/anggota karang taruna melakukan kegiatan pemuda/olahraga sebanyak 69,0% dikatagorikan cukup baik. Indikator bidang seni budaya rata-rata 19,2 hal ini berarti anggota/remaja karang taruna melakukan kegiatan bidang seni budaya sebanyak 58,2% dikatakangorikan cukup baik. Jadi dapat dismpulkan bahwa Kontribusi Anggota Karang Taruna Desa Gajah Dalam Mengantisipasi Terjadinya Kenakalan Remaja Di Desa Gajah Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo adalah cukup baik, dikarenakan masi banyak jumlah remaja/anggota karang taruna telah melakukan kegiatan yang ada di dalam karang taruna Desa Gajah.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ANAK MELAKUKAN TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOBA (STUDI KASUS DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA ANAK MEDAN HELVETIA) Lister Tumangger
Journal Education for All : Media Informasi Ilmiah Bidang Pendidikan Luar Sekolah Vol 9, No 1 (2020): June
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jefa.v9i1.44435

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor ekonomi keluarga yang mempengaruhi anak melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkoba dalam studi kasus di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi anak melakukan tindak pidana panyalahgunaan narkoba dalam Studi Kasus di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Medan. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah Populasi dan sampel yang diambil dari penelitian ini adalah sebanyak 52 orang anak yang melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkoba yang ada di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Medan yang Alat Pengumpulan data yang digunakan adalah angket (Kuesioner). Dan teknik analisis datanya menggunakan rumus P=???????? X 100%. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang mempengaruhi anak melakukan tindak pidana Penyalahgunaan narkoba adalah faktor ekonomi keluarga, lalu faktor keluarga Broken Home, dan selanjutnya dikarenakan pendidikan anak. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya preventif dan reprensif terhadap anak.
FENOMENA LIFESTYLE (GAYA HIDUP) REMAJA K-POPERS (PENGGEMAR MUSIK POP KOREA) DI DESA KOTA PARIT ROKAN HILIR RIAU Anifah Anifah; Rizki Ramadona
Journal Education for All : Media Informasi Ilmiah Bidang Pendidikan Luar Sekolah Vol 12, No 1 (2023): June
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jefa.v12i1.51665

Abstract

Kpop adalah sebuah singkatan dari “Korean Pop” yaitu jenis music populer yang mendunia dari korea selatan. Fenomena demam korea yang terbesar luas melalui Korean pop culure kesegala negeri termasuk indonesia. Lalu kemudian melahirkan para penggemar Kpop di seluruh dunia, khususnya bagi kalangan anak muda. Dengan tujuan untuk mengikuti tren gaya hidup sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena Lifestyle (Gaya Hidup) remaja K-popers (Penggemar Musik Pop Korea) di Kota Parit Rokan Hilir Riau. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Lifestyle (gaya hidup) para remaja Kpopers yang peneliti telaah, dimana praktik sosial mereka dalam berpenampilan di dasari atas eksistensi diri mereka dalam kepemilikan barang didunia fashion, meniru gaya rambut, mengisi waktu dengan menonton tayangan Kpop dan mendengar lagu-lagu Kpop yang seakan sudah menjadi prioritas gaya hidup mereka yang pada akhirnya menjadikan hal tersebut sebagai ciri khas atau identitas diri dan hal tersebut mereka tampilkan ketika berada di sekolah dan juga di luar sekolah.
PERAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN POTENSI SISWA Putri Khairiah; Resi Landani; Sarah Sonian Br Napitupulu; Fadhil Nasution
Journal Education for All : Media Informasi Ilmiah Bidang Pendidikan Luar Sekolah Vol 1, No 1 (2012): Juni
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jefa.v1i1.51423

Abstract

Artikel ini adalah hasil kajian pustaka melalui metode diskriftif kualitatif yang mengkaji tentang gambaranumum prestasi belajar siswa dari berbagai aspek dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik individu maupun dalam berhubungan dengan lingkungannya. Setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda-beda, perkembangan psikologisnya pun berbeda-beda, maka pendidik harus mengetahui hal tersebut, agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda-beda, perkembangan psikologisnya pun berbeda-beda, maka pendidik harus mengetahui hal tersebut, agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Potensi manusia sangatlah penting untuk diketahui oleh seorang pendidik untuk mengetahui potensi yang dimiliki peserta didik. Salah satunya dengan lebih mempelajari potensi anak yang terdapat dalam kajian psikologi pendidikan yang mana potensi seorang anak merupakan fitrah yang dibawa sejak lahir.
IMPLEMENTASI PROGRAM BIMBINGAN SOSIAL DALAM MENGATASI STRESS AKADEMIK MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MASYARAKAT Fauzi Kurniawan; Nurlaila Nurlaila; Friska Indria Nora Harahap; Jubaidah Hasibuan
Journal Education for All : Media Informasi Ilmiah Bidang Pendidikan Luar Sekolah Vol 9, No 2 (2020): December
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jefa.v9i2.44446

Abstract

This study aims to determine the effect of social guidance programs in dealing with student academic stress during online learning in community education study programs. The problem in this research is that the situation and conditions are full of pressure and the many demands can be a stressor which is quite influential on the academic performance of students in participating in learning. Given the current conditions that require students to study online due to the spread of the Covid-19 virus, resulting in a global pandemic throughout Indonesia. This type of research is a quasi-experimental, by taking the subject through random sampling techniques on community education students. The data collection technique was carried out through a questionnaire. Before the implementation of social guidance, researchers conducted a pretest on the subject in order to find out how much the student's academic stress level was through a validity-tested questionnaire with an average value of 94.27, then carried out a schedule of social guidance activities according to the material that had been designed, namely 4 times of guidance with a duration of time. 120 minutes, finally do a posttest with the same questionnaire to see changes in student academic stress levels after social guidance with an average value of 63.18.
UPAYA IBU MEMPERBAIKI POLA KOMUNIKASI DALAM KELUARGA DI DESA SIOLIP KECAMATAN BARUMUN KABUPATEN PADANG LAWAS Inayati Hasna Nasution; Sudirman Sudirman
Journal Education for All : Media Informasi Ilmiah Bidang Pendidikan Luar Sekolah Vol 9, No 1 (2020): June
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jefa.v9i1.44426

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah komunikasi antara ayah dan remaja putri yang tidak terjalin dengan baik, peran ibu yang cenderung tidak memfasilitasi komunikasi antara ayah dan remaja putri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan informasi tentang gambaran pola komunikasi yang terjalin antara ayah dan remaja putri dalam keluarga di desa Siolip, untuk mendeskripsikan peran ibu sebagai fasilitator komunikasi dalam keluarga di desa Siolip dan untuk mengetahui hasil pola komunikasi antara ayah dan remaja putri di desa Siolip. Jenis penelitian ini menggunakan Eksperimen dengan Disign penelitian Pre-tes dan Pos-test disign. Perlakuan yang diberikan berupa penyuluhan. Sampel yang diambil sebanyak 42 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner). Dan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji hipotesis (uji-t). Dari hasil rumus statistik deskriptif dan uji hipotesis (uji-t) diperoleh thitung = 41.496 sedangkan ttabel = 1.682, maka thitung = 41.496 > ttabel = 1.682. maka hipotesis diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perubahan Peran Ibu Sebagai Fasilitator Untuk Memperbaiki Pola Komunikasi Keluarga Di Desa Siolip Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas.