Alauddin Journal of Mathematics Education (AJME)
Vol 7 No 1 (2025): MAY

ARTIKEL Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik

Putra, Andi Rafli Permana (Unknown)
Suharti, Suharti (Unknown)
Angriani, Andi Dian (Unknown)
Mattoliang, Lisnasari Andi (Unknown)
Abbas, Baharuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, yang dilaksanakan di SMPN 2 Bulukumba dengan populasi berjumlah 201 peserta didik kelas IX dan jumlah sampel sebanyak 50 peserta didik yang dipilih menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan literasi matematika. Teknik analisis data berupa statistic deskriptif dan statistic inferensial yaitu independent sampel t test dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) memiliki pengaruh secara signifikan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik kelas IX SMPN 2 Bulukumba.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ajme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...