Pendidikan memegang peran penting dalam menciptakan individu yang berpengetahuan, berkarakter, dan siap menghadapi tantangan masa depan. Namun, guru-guru di TPQ dan PAUD Desa Petungsewu, Malang, menghadapi keterbatasan dalam penggunaan media pembelajaran, khususnya untuk pengajaran Bahasa Arab berbasis Al-Qur'an. Minimnya fasilitas dan kurangnya pelatihan mengakibatkan proses pembelajaran yang monoton dan kurang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan media smart card untuk mengajarkan Bahasa Arab melalui pelatihan berbasis pendekatan asset-based community development. Pendekatan ini melibatkan lima tahapan: discovery, dream, design, define, dan destiny, dengan metode pelatihan berupa workshop, one-on-one coaching, dan microteaching. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan, keterampilan, dan kepercayaan diri guru setelah pelatihan. Peningkatan ini mencerminkan efektivitas pelatihan dan pentingnya pendidikan berbasis media pembelajaran yang relevan. Dengan demikian, pelatihan ini diharapkan dapat berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di TPQ dan PAUD Desa Petungsewu.
Copyrights © 2025