Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMAN 1 Krian. Melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan wawancara mendalam dan observasi, Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisor memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMAN 1 Krian. Kepala sekolah, melalui pendekatan supervisi yang terarah, mampu memberikan arahan, bimbingan, dan dukungan kepada guru-guru untuk mengembangkan keterampilan pengajaran mereka. Umpan balik yang konstruktif dari kepala sekolah membantu guru-guru dalam mengidentifikasi kekuatan dan area pengembangan, serta memberikan dorongan untuk terus meningkatkan kualitas pengajaran mereka. Selain itu, kepala sekolah yang efektif sebagai supervisor juga mampu menciptakan lingkungan kerja yang kolaboratif dan memotivasi guru-guru untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan mereka. Hal ini membantu menciptakan budaya sekolah yang progresif dan inovatif, di mana guru-guru merasa didorong untuk terus meningkatkan kualitas pengajaran mereka demi kebaikan siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025