Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan manajemen dan digitalisasi perpustakaan di SMA Negeri 13 Surabaya dalam mendukung literasi serta layanan informasi bagi komunitas sekolah. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan kepala perpustakaan, serta dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan telah memiliki struktur organisasi yang jelas dan sistem operasional yang teratur, meliputi layanan teknis, layanan kepada pemustaka, dan layanan IT. Proses klasifikasi dan katalogisasi dilaksanakan secara teratur dengan menggunakan sistem Klasifikasi Desimal Dewey (DDC) dan aplikasi SLiMS yang terhubung dengan OPAC, sehingga memungkinkan akses katalog secara online. Layanan yang tersedia di perpustakaan mencakup peminjaman, pengembalian, perpanjangan, reservasi, dan penggantian koleksi. Selain itu, program literasi Pojok Baca yang tersebar di gazebo sekolah menyediakan buku fisik dan akses ke e-book melalui barcode scanning, yang membantu menguatkan budaya literasi dalam bentuk digital dan informal di kalangan siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa digitalisasi dan manajemen perpustakaan memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan akses terhadap informasi, efisiensi layanan, dan minat baca di lingkungan sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025