ChatGPT merupakan teknologi perangkat cerdas yang menggunakan metode deep learning yang fungsinya dapat memberikan output yang sama dengan hasil kerja manusia ketika mengartikan dan menanggapi bahasa secara alami. Penelitian ini menggunakan studi pustaka dimana peneliti mengumpulkan data tentang ChatGPT kemudian menganalisis hasil yang ditemukan dengan dua prompt (dua versi waktu). Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan salah satu alternatif solusi terhadap permasalahan yang sering dihadapi guru dalam menyusun modul ajar, membuat teknik penilaian, dan membuat instrumen evaluasi hasil belajar serta untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pada proses pembelajaran. Permasalahan yang sering muncul adalah perencanaan pembelajaran yang tidak kontekstual dimana para guru umumnya hanya mendowload modul ajar milik orang lain dari internet dan kurangnya waktu dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran hal ini nantinya dapat dipermudah dengan bantuan ChatGPT. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi pustaka yang terdiri dari: (1) Penelusuran sumber primer dan sekunder, (2) Pengelolaan data/pengutipan referensi, (3) Menampilkan data, (4) Interpretasi data, (5) Kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Guru mampu membuat modul ajar dalam waktu kurang dari 10 menit dan dapat membantu siswa dalam menjawab konsep-konsep pelajaran yang belum dimengerti tetapi dalam penggunaannya perlu diberikan arahan dan peringatan agar tidak selalu ketergantungan pada AI.
Copyrights © 2025