Gravitasi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains
Vol 8 No 01 (2025): GRAVITASI: JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN SAINS

Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Fisika Menggunakan Five-Tier Diagnostic Test (FTDT) Pada Materi Kesetimbangan Benda Tegar

Musdar, Musdar (Unknown)
Hamid, Abdul (Unknown)
Saputri, Mawarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk miskonsepsi mahasiswa program studi Pendidikan Fisika pada materi kesetimbangan benda tegar dengan menggunakan instrumen Five-Tier Diagnostic Test (FTDT). Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif terhadap 60 mahasiswa semester IV dan VI di FKIP Universitas Syiah Kuala. Instrumen FTDT yang digunakan mencakup lima aspek yaitu: pilihan jawaban, alasan, tingkat keyakinan terhadap jawaban dan alasan, serta pola kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 12,5% mahasiswa mengalami miskonsepsi dengan tingkat keyakinan tinggi, dan hanya 35,5% yang memahami konsep secara ilmiah. Miskonsepsi paling umum berkaitan dengan pemahaman momen gaya dan arah rotasi. Data ini menunjukkan bahwa miskonsepsi tidak sekadar ketidaktahuan, melainkan pemahaman alternatif yang keliru namun diyakini benar. Penggunaan FTDT terbukti efektif dalam mengungkap miskonsepsi secara mendalam serta memberikan informasi diagnostik yang lebih akurat dibandingkan instrumen konvensional. Hasil ini merekomendasikan penggunaan FTDT sebagai bagian dari strategi pembelajaran diagnostik untuk meningkatkan kualitas pemahaman konseptual mahasiswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPFS

Publisher

Subject

Education Physics

Description

GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains merupakan jurnal peer-reviewed, yang diterbitkan secara berkala 2 kali setahun pada bulan Juni dan Desember oleh Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Samudra. GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan ...