KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Vol 7 No 1 (2024): Jurnal Katalis Volume 7 Nomor 1, 2024

PENGGUNAAN QUIZIZZ PAPER MODE SEBAGAI MEDIA ASESMEN FORMATIF DALAM PEMBELAJARAN KIMIA

Nasution, Adelia Dini Prana (Unknown)
Nurhafidhah (Unknown)
Yani, Ahmad Fauzi Syahputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2025

Abstract

Penggunaan quizizz paper mode sebagai media asesmen formatif dalam pembelajaran kimia merupakan alat evaluasi dalam pembelajaran berbasis platform digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan, kelayakan, kepraktisan serta kemenarikan asesmen formatif yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah guru kimia dan siswa kelas XI SMA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup beberapa yaitu observasi, wawancara, validasi ahli serta angket. Hasil penelitian berdasarkan analisis kebutuhan, quizizz paper mode sebagai media asesmen formatif ini sangat dibutuhkan dengan persentase 90%. Kelayakan quizizz paper mode sebagai media asesmen formatif dinyatakan layak untuk digunakan. Kepraktisan quizizz paper mode sebagai media asesmen formatif dinyatakan sangat praktis dengan nilai 95%. Serta kemenarikan quizizz paper mode sebagai media asesmen formatif dinyatakan sangat menarik dengan persentase 87%. Dari hasil penelitian tersebut maka disimpulkan bahwa quizizz paper mode sebagai media asesmen formatif yang telah dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai evaluasi dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

katalis

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Katalis, merupakan jurnal ilmiah yang dalam bidang penelitian kimia dan pendidikan kimia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra. Jurnal Katalis terbit secara berkala dua kali setiap tahunnya yaitu edisi Januari-Juni dan ...