Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi sains, kepercayaan diri (Self Efficacy) siswa dan kurangnya efektifitas model pembelajaran yang digunakan di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model Problem Based Learning Terhadap Literasi Sains Dan Kepercayaan Diri (Self Efficacy) Siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah 118 siswa kelas X IPAS dan sampel yang digunakan berjumlah 58 orang yang terdiri dari 29 siswa kelas X IPAS 3 sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa kelas X IPAS 4 sebagai kelas kontrol. Hasil data antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata posttest literasi sains dan self-efficacy yang lebih tinggi yaitu sebesar 82,76 dan 72,45 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 69,46 dan 62,72. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi sains dan self-efficacy siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Copyrights © 2025