KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Katalis Vol. 8 No. 1 Tahun 2025

IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP LITERASI SAINS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA MATERI GREEN CHEMISTRY

Sirry Alvina (Unknown)
Isna Fitri (Unknown)
Ucia Mahya Dewi (Unknown)
Henni Fitriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi sains, kepercayaan diri (Self Efficacy) siswa dan kurangnya efektifitas model pembelajaran yang digunakan di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model Problem Based Learning Terhadap Literasi Sains Dan Kepercayaan Diri (Self Efficacy) Siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah 118 siswa kelas X IPAS dan sampel yang digunakan berjumlah 58 orang yang terdiri dari 29 siswa kelas X IPAS 3 sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa kelas X IPAS 4 sebagai kelas kontrol. Hasil data antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata posttest literasi sains dan self-efficacy yang lebih tinggi yaitu sebesar 82,76 dan 72,45 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 69,46 dan 62,72. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi sains dan self-efficacy siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

katalis

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Katalis, merupakan jurnal ilmiah yang dalam bidang penelitian kimia dan pendidikan kimia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra. Jurnal Katalis terbit secara berkala dua kali setiap tahunnya yaitu edisi Januari-Juni dan ...