Jurnal Instruktional
Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Instruksional

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN KIT IPA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA

Marnila Dewinta Yusuf (Unknown)
Widia Winata (Unknown)
Zulfitria (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara persepsi siswa tentang pemanfaatan media pembelajaran KIT IPA dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA di Sekolah Dasar Tanah Sereal 04 Petang, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang ada di SDN Tanah Sereal 04 Petang Kecamatan Tambora Jakarta Barat berjumlah 202 orang siswa. Terdapat dua variabel bebas, yaitu Persepsi siswa tentang media pembelajaran KIT IPA (X1) dan Motivasi belajar siswa (X2). Data kedua variabel tersebut dikumpulkan dengan menggunakan instrumen non tes dalam bentuk kuesioner (angket). Sedangkan untuk variabel terikat yaitu hasil belajar IPA, data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes dalam bentuk soal objektif pilihan ganda. Uji validitas instrumen untuk variabel X1 dan X2 menggunakan rumus korelasi Product Moment. Uji Reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. Dari hasil analisis data disimpulkan sebagai berikut: (1) terdapat hubungan positif antara persepsi siswa tentang pemanfaatan media pembelajaran KIT IPA (X1) dengan hasil belajar (Y) sebesar 0,716. Besarnya kontribusi persepsi siswa tentang pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar IPA yakni sebesar 51,3%. (2) terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPA sebesar 0,728. Besarnya kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA yakni sebesar 63,1%. (3) korelasi berganda antara kedua variabel bebas dengan variabel terikat tersebut, adalah sebesar 0,823, sehingga kontribusi kedua variabel bebas terhadap variabel terikat (X1 dan X2 terhadap Y) adalah sebesar 67,7%. Kata Kunci : Media Pembelajaran KIT IPA, Motivas Belajar, Hasil Belajar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

instruksional

Publisher

Subject

Education

Description

This journal is a scientific journal to develop knowledge in the field of education technology. Editors invite professionals from education and researcher to write about the progress of science in the field of management of education. The journal is published 2 (two) times in 1 ...