Ibtida'i : Jurnal Kependidikan Dasar
Vol 10 No 2 (2023): Juli-Desember 2023

Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa melalui Pendekatan Pendidikan Otoritatif: Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Cipinang 3

Sofyan, Yayan (Unknown)
Wijaya, Satria (Unknown)
Aristian, Yuliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pendidikan otoritatif dalam meningkatkan kemandirian siswa kelas VI di SDN Cipinang 3, Kecamatan Angsana, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan pendidikan otoritatif dalam meningkatkan kemandirian siswa kelas VI di SDN Cipinang 3? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi untuk memahami pengalaman langsung para informan terhadap dampak pendidikan otoritatif. Fokus penelitian diarahkan pada satu kelas, yaitu kelas VI, dengan melibatkan 15 siswa yang dipilih secara acak sebagai partisipan, serta dua guru sebagai informan utama, termasuk kepala sekolah, wali kelas, dan beberapa orang tua siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan otoritatif—yang ditandai dengan kombinasi antara ketegasan dan kehangatan—berdampak positif terhadap peningkatan kemandirian siswa. Informan melaporkan bahwa siswa menunjukkan perkembangan dalam pengambilan keputusan, pengelolaan diri, dan inisiatif belajar. Dengan demikian, penerapan pendidikan otoritatif di SDN Cipinang 3 terbukti efektif dalam membentuk kemandirian siswa pada jenjang sekolah dasar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ibtidai

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

IBTIDA’I merupakan Jurnal hasil penelitian mahasiswa dan dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. ...