Keterampilan menulis kurang mendapatkan perhatian yang serius, sering kali dianggap lebih sulit dibandingkan keterampilan berbahasa yang lain, salah satunya menulis teks deskripsi. Akibat dari hal tersebut banyak siswa kurang berminat menulis teks deskripsi dan memiliki keterampilan menulis teks deskripsi dengan baik. Adapun, tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan pengaruh metode estafet writing, metode outdoor learning, dan perbedaan metode estafet writing dan metode outdoor learning terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 8 Kota Serang. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitaif berjenis eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel diambil.melalui teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dari hasil tes menulis teks deskripsi berupa pretest beserta posttest di kelas kontrol dan eksperimen dengan instrumen penilaian yaitu Isi, Organisasi, tata bahasa, gaya, dan mekanik. Hasil menunjukkan pengaruh metode estafet writing dengan mean pretest sebesar 62,06 serta posttest sebesar 79,6. Kemudian, pengaruh metode outdoor learning dengan mean pretest sebesar 58,7 serta posttest sebesar 68,83. Terakhir, hasil perbedaan posttest menunjukkan metode estafet writing lebih unggul dengan selisih sebesar 10,77 poin. Disimpulkan bahwa metode estafet writing lebih unggul dibandingkan dengan metode outdoor learning untuk diterapkan dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa.
Copyrights © 2025