JPM (Jurnal Pendidikan Modern)
Vol. 10 No. 03 (2025): Edisi Mei

Pengembangan Flipbook Interaktif Untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Pada Anak Usia Dini

Maharani, Fitria (Unknown)
Pratiwi, Warih Anggi (Unknown)
Kusumastuti , Ika Aprilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flipbook interaktif guna meningkatkan kemampuan self regulated learning (SRL) pada anak usia dini. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa sebagian besar anak berada dalam kategori “baik” dan “sangat baik”, yang mengindikasikan dampak positif dari penggunaan media tersebut. Validasi ahli dan penilaian guru menunjukkan bahwa flipbook interaktif layak, praktis, dan mudah digunakan dalam pembelajaran. Media ini juga mendukung prinsip Zona Perkembangan Proksimal dari Vygotsky, dengan memberikan scaffolding yang tepat. Flipbook terbukti mampu mengembangkan kemampuan pengendalian diri pada anak dengan proses belajar yang menyenangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPM (Jurnal Pendidikan Modern) is a journal published by the Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Modern Ngawi, Indonesia. JPM (Jurnal Pendidikan Modern) encompasses research articles, original research report, reviews, and ...