Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 2 (2025): Vol. 5 No. 2 Edisi Mei 2025

ASSESMEN AWAL BERDASARKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)

Puspitasari, Windy (Unknown)
Mau'idzoh Hasanah, Isnaini (Unknown)
Husnah, Farah Miftahul (Unknown)
Rahmiati, Rahmiati (Unknown)
Meilana, Septi Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini dikaji berdasarkan temuan informasi yang ditemukan di SDN Tengah 03. Kesetaraan pendidikan menjadi dasar prinsip dalam pendidikan inklusi untuk selalu memberikan kesempatan yang sama mendapatkan pendidikan bagi setiap individu tanpa memandang perbedaan fisik, intelektual, emosional, atau sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami pemahaman mengenai assesmen awal berdasarkan data karakteristik anak berkebutuhan khusus (ABK) melalui temuan informasi yang diberikan oleh narasumber. Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologis dengan menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa hasil pada asesmen awal memungkinkan pendidik untuk mengidentifikasi berbagai kebutuhan khusus ABK, seperti kebutuhan dalam komunikasi, keterampilan motorik, atau dukungan sosial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...