Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 2 (2025): Vol. 5 No. 2 Edisi Mei 2025

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKITF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 106806 CINTA RAKYAT

Angginta, Teguh (Unknown)
Simanihuruk, Lidia (Unknown)
Lubis, Wildansyah (Unknown)
Winara, Winara (Unknown)
Afriadi, Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan keefektifan dari media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran IPAS Kelas IV SDN 106806 Cinta Rakyat. Penelitian dan pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan diantaranya Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian ini 21 siswa yang tediri dari 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, angket dan tes. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen wawancara, instrumen ahli (angket, tes, desain, dan materi), instrument praktikalitas (angket respon guru dan siswa), dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validitas mendapatkan persentase 84 persen berkategori sangat layak. Hasil uji praktikalitas memperoleh hasil skor nilai kepraktisan dengan persentase sebesar 90 persen berkategori Sangat Praktis. Hasil efektifitas produk dari hasil pre test dan post test peserta didik berdasarkan hasil analisis N-Gain memperoleh skor rata-rata N-Gain sebesar 0,64 dengan kategori “Efektif”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwasanya media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran IPAS dinyatakan Sangat Layak, Sangat Praktis, dan Efektif digunakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...