Chemistry Education Practice
Vol. 8 No. 1 (2025): Edisi Mei

Pengaruh Model PJBL Berbasis Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Asam dan Basa

Febriana, Febriana (Unknown)
Savalas, Lalu Rudyat Telly (Unknown)
Hakim, Aliefman (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini adalah kuasi eksperimen semu dengan tujuan mengetahui adanya pengaruh model PjBL (Project Based Learning) berbasis STEM (Sains, Technology, Engineering and Mathematics) terhadap peningkatan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Narmada pada materi asam dan basa. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Sampel pada penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling. Populasi yang dipilih adalah semua siswa kelas XI IPA SMAN 1 Narmada yang berjumlah 213 siswa, sedangkan sampelnya diperoleh siswa kelas XI IPA 5 sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas XI IPA 4 sebagai kelompok kontrol. Instrumen pada penelitian ini yaitu instrumen tes berupa soal uraian yang terdiri dari 8 soal. Analisis data dilakukan dengan menggunakan beberapa uji, anatra lain uji N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas varians dan uji hipotesis (uji-t) dua pihak menggunakan rumus uji-t polled varians. Berdasrkan hasil uji-t diperoleh thitung sebesar 4,06 dan ttabel sebesar 1,99 pada dk sebesar 69 dengan taraf signifikan 5%. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya model PjBL (Project Based Learning) berbasis STEM (Sains Technology Engineering and Mathematics) berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Narmada pada materi asam dan basa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

CEP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Chemistry Education Practice (ISSN Cetak 2654-8119 dan ISSN Online 2656-3940) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Guru Pelatihan dan Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini merupakan jurnal open access. Jurnal Chemistry Education ...