Pendidikan merupakan proses mengubah sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Pendidikan diwujudkan dengan suasana belajar dan proses pengajaran efektif, berjenjang dan lingkungan yang kondusif. Keberadaan Madrasah yang dibangun diatas norma-norma Islam baik berupa lingkungan Pesantren atau Madrasah berjenjang; Ibtidaiyah, Tsanawiyah, atau Aliyah diharapkan menjadi solusi peningkatan mutu wawasan keilmuan dan peningkatan akhlak budi pekerti terutama di lingkungan masyarakat Muslim. Untuk mewujudkan ini semua membutuhkan perencanaan baik dari sisi persiapan, penyusunan rencana, pengesahan sampai ke tahap aplikasi dilapangan. Madrasah harus memiliki perencanaan pendidikan, terstruktur dengan visi misi serta tujuan yang jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi konsep dan strategi perencanaan pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Mathla’ul Huda Baleendah Bandung. Penelitian ini didasarkan dengan metode analisis deskriftif disesuaikan dengan sumber-sumber kepustakaan, serta observasi dan wawancara. Adapun hasil dan pembahasannya terbagi kedalam beberapa pembahasan perencanaan diantaranya: Perencanaan Penetapan Tujuan, Perencanaan Penyusunan Program, Strategi Pengambilan Keputusan, Perencanaan Penetapan Tindakan, dan Pengawasan dan Evaluasi, sehingga dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa perencanaan yang dilakukan oleh Madrasah Aliyah Mathla’ul Huda Baleendah Bandung sangat relevan sekali dengan konsep perencanaan pendidikan pada umumnya.
Copyrights © 2024