Pendidikan di Indonesia menghadapi tantangan dalam meningkatkan minat belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran sains. Minat yang rendah berkontribusi pada prestasi akademik yang kurang memuaskan, sehingga pendekatan inovatif diperlukan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat belajar siswa pada topik Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman dengan menggunakan metode Project-Based Learning (PjBL). PjBL memungkinkan siswa terlibat aktif dalam pembelajaran melalui proyek nyata, seperti penanaman microgreen. Desain penelitian menggunakan pendekatan kuasi-eksperimental dengan dua kelompok: eksperimen yang menerapkan PjBL dan kontrol dengan metode konvensional. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan dalam minat belajar siswa di kelompok eksperimen, dengan skor rata-rata pre-test meningkat dari 60,09 menjadi 74,09 setelah intervensi. Uji statistik menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok, yang menegaskan efektivitas PjBL dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi sains. Penelitian ini merekomendasikan penerapan PjBL sebagai strategi inovatif untuk meningkatkan minat belajar siswa, yang penting untuk mempersiapkan mereka menghadapi tantangan masa depan.
Copyrights © 2025