Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI
Vol 10, No 1 (2025): April

Strategi Guru dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Muhammadiyah pada Pembelajaran di Sekolah Dasar

Saprun, Saprun (Unknown)
Romelah, Romelah (Unknown)
Humaidi, M. Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana internalisasi ideologi Muhammadiyah dalam proses pembelajaran di SD 1 Aisyah Mataram dan dampaknya terhadap pembentukan karakter siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang melibatkan angket dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi ideologi Muhammadiyah di sekolah ini dilakukan melalui metode keteladanan guru, pembelajaran interaktif, dan kegiatan keagamaan seperti tadarus Al-Quran dan sholat dhuha. Siswa diajarkan nilai-nilai Muhammadiyah seperti kemandirian, pemikiran kritis, dan kepedulian sosial, yang secara positif membentuk karakter mereka. Temuan penelitian ini menunjukkan pentingnya pengembangan kurikulum yang lebih terintegrasi dengan nilai-nilai Muhammadiyah, serta perlunya pelatihan berkelanjutan bagi guru dan evaluasi berkala terhadap pemahaman siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan model pendidikan berbasis ideologi keagamaan di Indonesia, khususnya dalam konteks pendidikan karakter berbasis Muhammadiyah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ibtidaiy

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Ruang lingkup Al ibtida: jurnal pendidikan guru MI adalah: Desain kurikulum MI/SD pembelajaran (Math, Science, IPS, Civicus, English, Indonesia, Islamic Education, Art dan Local Content) dalam MI/SD Media dan alat peraga pendidikan dalam belajar di MI/SD strategi pembelajaran dalam MI/SD kompetensi ...