Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan
Vol 21, No 1 (2025): RAUSYAN FIKR

PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMP AMANAH KOTA TANGERANG

kifli, zul (Unknown)
Ananta Yudha, Yugen (Unknown)
Nasrulloh, Nasrulloh (Unknown)
lesmana, deni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Skor PISA yang rendah serta fenomena learning loss akibat pandemi adalah beberapa permasalahan yang dihadapi pendidikan di Indonesia. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah mengeluarkan kebijakan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran PAI di SMP Amanah serta mengetahui persepsi pendidik terkait penerapan kurikulum tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan konsep analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran PAI di SMP Amanah yang menggunakan Kurikulum Merdeka secara umum tidak terlalu berbeda dengan mata pelajaran lainnya baik dari segi perancangan modul, metode ajar, pemanfaatan teknologi, dan penanaman nilai karakter Profil Pelajar Pancasila. Adapun penerapan Kurikulum Merdeka mendapatkan persepsi positif dari para pendidik di SMP Amanah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RausyanFikr

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Rausyan Fikr adalah jurnal yang didirikan dari tahun 2008 oleh fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Tangerang Banten. jurnal rausyan fikr memuat penelitian-penelitian di bidang Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Perbankan ...