Penelitian ini dilatar belakangi adanya tantangan perkembangan kurikulum merdeka dalam pembelajaran pai di sdit rabbi radhiyya rejang lebong. Pada penerapannya tentu dalam pelaksanaanya terdapat hal hal yang perlu diperhatikan serta hal hal yang menjadi tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis hal yang berkaitan dengan tantangan perkembangan kurikulum merdeka dalam pembelajaran pai di sdit rabbi radhiyya rejang lebong. Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif yakni Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif yakni penelitian lapangan yang menuntut secara langsung peneliti ke tempat yang diteliti untuk mendapatkan informasi secara langsung dari informan.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field reaseach), yakni penelitian yang dilakukan secara langsung terjun ke lapangan untuk mendapatkan serta mengumpulkan informasi dari responden dan informan serta objek yang diamati melalui instrument pengumpulan data. Jenis penelitian adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu obervasi, wawancara dan dokumentasi. Penggunaan metode analisis dengan menggunakan model yang dikemukakan oleh huberman dan miles yang meliputi: Reduksi data, Display data, Pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Kemudian, keabsahan data menggunakan sistem triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.Hasil penelitian diperoleh bahwa tantangan perkembangan kurikulum merdeka dalam pembelajaran pai di sdit rabbi radhiyya rejang lebong salah berkaitan dengan kesiapan guru, ada beberapa guru memiliki pemahaman yang tidak sama terutama guru guru yang sudah tua yang harus memahami kurikulum merdeka yang baru baik teknis penilaian dan lainnya, sedangkan mereka masih melekat kurikulum yang sebelumnya yakni K13, akan tetapi itu bukan menjadi hal yang tidak mungkin di laksanakan, hal itu tetap dilaksanakan karena sekolah memberikan fasilitas saling berkerjasama dalam menerapkan kurikulum merdeka dengan di bantu adanya pelatihan.
Copyrights © 2025