Pengelolaan media dapat berjalan dengan baik dan efesian maka diperlukan sarana dan prasaran. Fasilitas yang lengkap tentu dapat meningkatkan mutu peserta didik jika digunakan sebaik mungkin. Terutama penggunaan media komputer maka diperlukan peran dari sekolah terutama bidang sarana dan prasarana dalam pemanfaatannya. Media sangat penting dalam proses pembelajaran. Namun terkadang ketersediaannya kurang dilain pihak peserta didik dituntuk pintar dalam menggunakan komputer. Oleh karena itu penulis tertarik mengambil permasalahan ini. Berdasarkan permasalahan diatas penulis ini mengkaji pengelolaan media komputer dalam proses pembelajaran ekonomi kelas XI. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peerencanaan pengunaan media komputer, pemanfaatan komputer serta kendala yang dihadapi. Metode yang di gunakan yaitu kualitatif dengan tehnik observasi , wawancara dan dokumentasi. Perencanaan pengunaan media komputer yang menentukan tujuanm keterpaduan, keadaan peserta didik, ketersediaan media komputer dan biaya. Pemanfaatan dilakukan untuk meningkatkan minat peserta didik dalam proses pembelajaran. Kendala dalam media komputer yaitu faktor eksternal berupa sarana prasarana yang belum memadai, sedangkan faktor internal adalah kurangnya kepercayaan diri guru dalam menggunakan media komputer.
Copyrights © 2025