Pelaksanaan kegiatan belajar disekolah hampir seluruhnya dikendalikan oleh guru, sehingga guru memiliki tanggung jawab untuk dapat menghasilkan generasi emas dimasa depan. Hal tersebut harus diimbangi dengan kualitas guru. Jika kualitas guru tidak maksimal dan baik maka, akan sulit untuk menghasilkan generasi emas. Kualitas seorang guru dapat dilihat dari kemampuan dan kinerja. Penilaian kinerja menjadi tolak ukur kualitas guru dan bahan evaluasi dalam peningkatan kualitas guru. Namun, terkadang penilaian kinerja yang dilakukan secara manual tanpa menggunakan metode dan parameter yang sesuai, akan menghasilkan penilaian yang kurang tepat dan efisien. Hasil kinerja seorang guru patut diapresiasi, sehingga dapat meningkatkan semangat dan kualitas kinerja guru. Perhitungan nilai kinerja guru menggunakan bantuan sistem dan metode MAUT. Perhitungan metode terdiri dari alternatif guru yang memiliki kriteria yaitu, jam mengajar, penugasan guru dikelas, kehadiran, proses kegiatan belajar mengajar, penyerahan nilai dan kehadiran rapat atau upacara. Hasil akhir dari data representatif untuk 10 alternatif dan 6 kriteria yaitu alternatif G2 dengan nilai utilitas tertinggi yaitu 0,5702 yang dapat direkomendasikan sebagai guru yang memiliki kualitas kinerja terbaik dan layak mendapatkan apresiasi. Sistem mampu melakukan proses penilaian kinerja secara efisien, cepat dan tepat, dibandingkan perhitungan manual. Sistem dapat digunakan untuk menghitung nilai kinerja guru setiap bulan. Dengan demikian, guru yang berkualitas dapat diapresiasi dan berkontribusi dalam menghasilkan generasi emas.
Copyrights © 2025