Macca: Science-Edu Journal
Vol. 2, No.2 (2025): Juni 2025

ANALISIS PERAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN NILAI KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN MULOK SD NEGERI 65 SIJELLING KABUPATEN BONE

sahar, resti (Unknown)
Muliadi (Unknown)
Jauhar, Sitti (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Peran Guru dalam Mengimplementasikan Nilai Kearifan Lokal pada Pembelajaran Mulok SD Negeri 65 Sijelling Kabupaten Bone. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dekskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan pengisian angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran penting yaitu berperan sebagai pengajar yang menanamkan pengetahuan tentang nilai kearifan lokal, sebagai pendidik yang mendidik dan membantu siswa menerapkan nilai tersebut dan sebagai motivator yang memberikan semangat kepada siswa untuk mengimplementasikan nilai kearifan lokal pada pembelajaran mulok di sekolah tersebut seperti ada tongeng, lempu, getteng, sipakatau, sipakainge, sipakalebbi, assitinajang dan mappesonae ri dewata seuwwae. Pembelajaran yang berbasis kearifan lokal ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap budaya lokal di daerahnya, tetapi juga membentuk karakter siswa yang berbudi pekerti luhur.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

macca

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

In Bugis society, smart is known as macca, whereas chem is the acronym of chemistry. Chemistry is the English language of chemistry, while edu is the abbreviation of education. The presence of the Macca Chem Edu Journal is expected to enlighten the nation, especially in the field of science ...