Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak positif implementasi pendidikan berbasis budaya pada era globalisasi di SDN 113/IV Kota Jambi. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan guru dan siswa sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengikuti model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan berbasis budaya memberikan dampak signifikan terhadap perkembangan karakter, motivasi belajar, keterampilan sosial, dan hubungan siswa dengan guru serta masyarakat. Integrasi budaya lokal dalam pembelajaran meningkatkan apresiasi siswa terhadap warisan budaya, rasa percaya diri, dan partisipasi aktif dalam kegiatan. Guru merasa lebih kompeten berkat pelatihan dan dukungan sekolah. Selain itu, keterlibatan masyarakat menciptakan lingkungan belajar kondusif, memperkuat hubungan komunitas, serta menumbuhkan empati dan toleransi siswa. Pendidikan berbasis budaya terbukti memperkuat identitas lokal siswa di tengah tantangan globalisasi dan mendukung pelestarian budaya lokal melalui pendidikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025