Gawi: Journal of Action Research
Vol. 4 No. 2 (2024)

Penerapan Model Pembelajaran Menggunakan Problem-Based Learning Berbantukan Blok Pecahan pada Materi Operasi Hitung Pecahan Sekolah Dasar

Wati, Mustika (Unknown)
Ariani, Nordinah (Unknown)
Rahmiyani, Ita (Unknown)
Sasmita, Fauzia Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa serta hasil belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantukan blok pecahan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 3 Siklus pada 22 orang siswa di kelas V SDN Tambarangan 1, Kabupaten Tapin. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung, serta dari hasil belajar siswa pada akhir pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase aktivitas guru dan siswa, serta ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada kegiatan pembelajaran, baik pada siklus I, II, maupun III telah berkategori “sangat baik”. Aktivitas siswa secara klasikal menunjukkan peningkatan dari siklus I sampai siklus III dan telah mencapai indikator keberhasilan dengan kriteria sangat aktif. Begitu juga dengan ketuntasan hasil belajar siswa telah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan dan meningkat dari Siklus I dengan ketuntasan kalsikal 70% menjadi 90% pada siklus III. Dengan demikian, disimpulkan bahwa model PBL berbantukan blok pecahan pada materi operasi hitung pecahan dapat meningkatkan aktivitas gurua, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gawi

Publisher

Subject

Education

Description

Gawi: Journal of Action Research focused on scientific research with action in the educational environment. This journal is published twice a year. We have accepted any article with the scope of action research in any scientific ...