Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik SDN 34 Palembang melalui penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 30 peserta didik kelas V SDN 34 Palembang. Data dikumpulkan melalui angket motivasi belajar dan observasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor motivasi belajar meningkat dari 45,45% pada pra-siklus menjadi 77,48% pada siklus I, dengan kategori "Sedang" (N-Gain 0,59). Pada siklus II, rata-rata skor meningkat menjadi 96,65%, dengan kategori "Tinggi" (N-Gain 0,85), dan 100% peserta didik berada pada kategori "Sangat Baik". Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Adapun implikasi dari penelitian ini adalah perlunya integrasi metode PBL dalam pembelajaran untuk menciptakan pengalaman belajar yang interaktif, relevan, dan mampu meningkatkan motivasi peserta didik secara berkelanjutan.
Copyrights © 2025