Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk mengungkap seberapa tinggi motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa pada salah satu kelas XI.2 di SMA Negeri 1 Talang Kelapa. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 31 siswa kelas XI.2 di SMA Negeri 1 Talang Kelapa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket motivasi belajar yang terdiri dari 16 pertanyaan, disusun secara mandiri oleh peneliti dan menggunakan skala likert dengan 5 pilihan jawaban. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa 13 butir pernyataan dinyatakan valid, sementara 3 butir lainnya tidak valid sehingga tidak disertakan dalam analisis data. Uji Reliabilitas menghasilkan nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,78877006 yang mengindikasikan bahwa instrumen tergolong cukup reliabel. Hasil pengukuran motivasi belajar menunjukkan bahwa tidak ada siswa yang termasuk dalam kategori rendah (0%), sebanyak 16 siswa atau 52% berada pada kategori sedang, dan 15 siswa atau 48% berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa motivasi belajar siswa kelas XI.2 di SMA Negeri 1 Talang Kelapa dominan berada pada kategori sedang sampai tinggi.
Copyrights © 2025