Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru IPAS dalam mengembangkan karakter tanggung jawab dan kepedulian sosial peserta didik Fase C di SD Negeri 091694 Mayang pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Fokus penelitian meliputi pengembangan karakter tanggung jawab, kepedulian sosial, serta pembentukan sikap dan tindakan peserta didik di berbagai lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta telaah dokumen dan arsip sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi yang meliputi kegiatan rutin, pemberian keteladanan, teguran yang mendidik, serta penguatan nilai karakter melalui interaksi dalam pembelajaran IPAS. Nilai tanggung jawab dan kepedulian sosial juga diintegrasikan dalam silabus, RPP, dan materi ajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi yang diterapkan guru IPAS berperan signifikan dalam membentuk karakter tanggung jawab dan kepedulian sosial peserta didik Fase C secara konsisten dan kontekstual.
Copyrights © 2025